Korean Curry Rice atau Nasi Kare Ala Korea yang Enak



Korean Curry Rice atau Nasi Kare Ala Korea yang Enak-카레라이스 atau nasi kare ala korea ini merupakan salah satu masakan favorit di Korea. Biasanya masakan Korea disajikan dengan sop atau makanan pendamping lainnya tetapi ada juga yang disajikan tanpa ada sajian pendamping lainnya. Nasi kare merupakan salah satu sajian yang disajikan tanpa perlu menu dampingan lainnya. Sajian ini disajikan dengan menyiram sepiring nasi dengan saus kare. Sebenarnya nasi kare aslinya berasal dari India karena kare memang makanan asli India. Namun, rasa kare Korea ini sangat berbeda dengan kare di India. Karena kare yang di Korea rasanya lebih ringan dibandingkan dengan kare aslinya di India. Saus karenya sendiri sudah banyak yang menjual dalam bentuk instan berupa bubuk kare. Kare sendiri selain ada di India dan Korea, di Jepang juga kare sangat popular jadi bubuk kare ini telah banyak dijual di pasaran baik di Korea maupun di Jepang. Untuk orang – orang Korea, biasanya saus kare ini diisi dengan berbagai sayuran dan daging. Sayurannya dapat ditambah kentang, kol, jamur, wortel, jagung, zucchini atau sayur apa saja yang ada dan untuk dagingnya dapat menggunakan daging ayam atau daging sapi atau daging lainnya sesuai selera kamu.
curry rice, jajanan korea, korea, korean curry rice, makanan korea, masakan korea, nasi kare korea, nasi kari korea, resep curry rice, resep korean curry rice, resep makanan korea, resep nasi kare korea

curry rice, jajanan korea, korea, korean curry rice, makanan korea, masakan korea, nasi kare korea, nasi kari korea, resep curry rice, resep korean curry rice, resep makanan korea, resep nasi kare korea

Sedangkan untuk bahan – bahan yang diperlukan dalam pembuatan nasi kare ala Korea ini sebagai berikut :
·         Daging sapi sebanyak 200 gram, dicuci bersih dan diiris sesuai selera tetapi lebih baik diiris kecil – kecil
·         Kentang sebanyak 2 buah besar, dikupas dan dipotong berbentuk kotak kemudian dicuci bersih
·         Wortel sebanyak 1 buah yang berukuran sedang, kupas kulitnya dan potong berukuran kecil
·         Bawang nombay sebanyak 2 buah , dikupas kemudian dicincang halus
·         Zucchini sebanyak 1 saja, dipotong – potong
·         Bawang putih sebanyak 2 siung, dicincang halus
·         Bubuk kare instan sebanyak 113 gram
·         Merica atau lada bubuk secukupnya
·         Garam halus secukupnya
·         Air bersih secukupnya untuk melarutkan bubuk kare instan
·         Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng
Langkah – langkah untuk membuat nasi kare ala korea atau curry rice seperti di bawah ini :
·         Langkah pertama, ambil wajan penggorengan berukuran besar kemudian tambahkan minyak ke dalamnya dan tambahkan bawang Bombay dan juga bawang putih yang sudah dicincang ke dalam nya juga masukkan irisan daging sapi, masak dengan api sedang.
·         Kemudian tambahkan juga garam dan merica ke dalam wajan penggorengan tersebut.
·         Selanjutnya aduk – aduk daging tersebut agar garam dan merica dapat tercampur rata dengan dagingnnya, aduk selama sekitar 2 menitan.
·         Langkah berikutnya, masukkan kentang dan wortel ke dalam wajan penggorengan tadi, aduk – aduk hingga semua tercampur sampai sekitar 5 menitan dan kemudian campurkan denga zucchini.
·         Berikutnya encerkan bubuk kare dengan air sebanyak 3 gelas. Kemudian masukkan campuran kare ini ke dalam wajan penggorengan tadi, masak hingga mendidih. Selanjutnya kurangi panas apinya dan masak hingga kentang dan juga daging sapi matang atau lunak, itu membutuhkan waktu sekitar 15 menit.
·         Aduk terus sampai saus kare mengental kemudian matikan apinya.
·         Sajikan dengan nasi ke piring kemudian siramkan saus kare tadi ke atas nasinya.
Selamat mencoba ya.. Annyeong!!!

baca juga : Miyeok Gook : Sop Rumput Laut dengan Daging Sapi Ala Korea
Previous
Next Post »