Akhiran Kalimat: Bentuk Kalimat Future (Rencana) dalam Bahasa Korea

Akhiran Kalimat: Bentuk Kalimat Future (Rencana) dalam Bahasa Korea-Akhiran kalimat yang satu ini digunakan untuk membuat bentuk kalimat yang menyatakan maksud, hasrat atau rencana yang berkaitan dengan masa depan (future). Akhiran kalimat yang digunakan untuk bentuk kalimat future ini berbeda dengan akhiran kalimat biasanya. Akhiran kalimat ini ada dua bentuk yang pertama –ㄹ거예요 yang dibaca -r koyaeyo, bentuk ini digunakan apabila bentuk dasar kata kerja diakhiri dengan vocal. Yang kedua bentuk – 을거예요 yang dibaca -eul koyaeyo, digunakan apabila bentuk dasar kata kerja diakhiri dengan konsonan. Bentuk formal dari bentuk ini adalah -(으)ㄹ겁니다 yang dibaca –(eu)r keomnida. Bentuk kalimat dengan akhiran ini dalam bahasa inggris dapat diartikan sebagai -to be going to- atau -want to- atau bisa juga will. Kita liat langsung contohnya yuk. 

어늘저녁을비빔밥을먹을거예요
Dibaca : oneul jeonyeokeneun bibimbapeul meokeulgeoyaeyo
Artiya : Saya akan makan bibimbap mala mini 


송혜교씨와송중기씨는다음주에일본에갈거예요
Dibaca : Song Hye Gyo ssi wa song joongki ssineun daeum jue ilbone galkeoyaeyo
Artinya : minggu depan Song Hye Gyo dan Song Joongki akan ke Jepang 

서현씨는주말에친구를만날거예요
Dibaca : seohyun ssi neun jumale chinggureul mannalkeoyaeyo
Artinya : pada akhir pekan Seohyun akan bertemu teman 

Bentuk akhiran ini juga dapat menyatakan dugaan akan sesuatu jika dilekatkan dengan kata kerja atau kata sifat. Liat contohnya yuk.. 

김종인씨는오늘아마안올거예요
Dibaca : Kim Jongin ssi neun oneul ama an olkeoyaeyo
Artinya : hari ini mungkin Kim Jongin tidak akan datang 

아마극장에사람이많을거예요
Dibaca : ama geukjange sarami maneulkeoyaeyo
Artinya : di teater sepertinya akan ada banyak orang
Selain belajar akhiran kalimat yang menunjukkan rencana atau maksud ke depannya, aku juga kasih materi mengenai penggunaan kata yang dibaca ‘ama’. Kata ini memiliki arti mungkin dan kata ini juga bisa digunakan secara bersamaan dengan bentuk kalimat future ini. mengapa demikian? Karena yang namanya rencana tidak ada yang 100% pasti, ada kemungkinan gagal atau ditunda. Semua bisa terjadi sebelum benar – benar terlaksana.

Baca juga :  
Previous
Next Post »