Resep Jjajangmyeon atau Korean Black Bean Noodle



Resep Jjajangmyeon atau Korean Black Bean Noodle-Jjangmyeon merupakan makanan dari olahan mie yang dicampur dengan daging dan bahan lainnya kemudian disajikan dengan saos berwarna hitam yang dibuat dari kacang hitam (black been). Sausnya sendiri telah banyak dijual di swalayan jadi jika ingin membuatnya di rumah sangatlah mudah untuk mendapatkan bahan – bahannya. Jjajangmyeon ini merupakan makanan yang termasuk paling popular di Korea karena sangat banyak yang menggemarinya sehingga banyak sekali kedai – kedai makanan maupun restoran yang menjual makanan ini. Bahkan di Korea, makanan ini salah satu yang bisa dipesan dan diantar langsung. Jjangmyeon ini sebenarnya makanan yang berasal dari Tiongkok tetapi kemudian ini diadaptasi di Korea jadi rasanya agak berbeda dengan yang di Tiongkok. Salah satu yang menyebabkan makanan ini sangat popular karena makanan ini sering kali muncul pada acara – acara televise seperti drama dan juga film layar lebar korea sehingga terkadang orang – orang di luar korea yang melihatnya melalui media – media tersebut seperti tergiur untuk mencobanya. Untuk itu, aku mau kasih kamu resepnya dan sedikit adaptasi ya beberapa bahannya dengan kultur kita Indonesia. Yuk langsung aja kita bahas semuanya.
cara membuat Jajangmyeon, korean black bean noodle, makanan korea, masakan korea, resep Jjajangmyeon, resep makanan korea, resep masakan korea

cara membuat Jajangmyeon, korean black bean noodle, makanan korea, masakan korea, resep Jjajangmyeon, resep makanan korea, resep masakan korea

Bahan yang diperlukan seperti di bawah ini :
·         Daging sapi atau daging ayam sebanyak 150 gram, cuci bersih dan diiris kecil – kecil
·         Bawang putih sebanyak 2 siung besar, kupas dan dicincang halus
·         Kentang ukuran besar sebanyak 1 buah, kupas dan cuci bersih kemudian diiris bentuk dadu kecil
·         Bawang Bombay sebanyak 2 buah, kupas dan dicincang kasar
·         Zucchini berukuran sedang 1/3 nya saja kemudian diiris (kalau ada saja, kalau ga ada ganti jamur merang 2 buah)
·         Tepung jagung atau maizena sejumlah 2 sendok makan dicampur dengan dua sendok makan air
·         Black bean pasta sebanyak 3 sendok makan (ini ada dijual di swalayan seperti lo**e mart atau g**nt)
·         Minyak sayur sebanyak 2 sendok makan
·         Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
·         Air sebanyak 320 mL
·         Saus tiram sebanyak 2 sendok teh
·         Mie sebanyak 200 gram (mie cina atau mie yang lain yang bisa didapatkan)
·         Garam dan merica secukupnya
Bahan pelengkap :
·         Mentimun (berhubung susah cari manisan lobak kuning atau 단무지 nya), diiris tipis memanjang
Langkah – langkah membuat Jjajangmyeon seperti di bawah ini :
·         Pertama, persiapkan wajan penggorengan kemudian nyalakan api sedang selanjutnya masukkan minyak sayur ke dalamnya.
·         Setelah itu, tumislah bawang putihng telah dicincang sampai layu kemudian masukkan daging sapi atau daging ayam ke dalam wajan dan tambahkan juga garam dan merica kedalamnya masak sampai sekitar 5 menit atau sampai dagingnya setengah matang.
·         Kemudian masukkan potongan kentang, masak hingga sekitar 3 menitan dan masukkan juga bawang Bombay dan juga irisan jamur sambil terus diaduk – aduk hingga sekitar tiga menitan.
·         Langkah selanjutnya, masukkanlah black bean paste atau saus kacang hitamnya juga masukkan minyak sayur sebanyak 1 sendok makan juga gula pasir selanjutnya aduk sampai semua bahan di dalam wajan tercampur rata serta masak sampai mengeluarkan bau yang sedap.
·         Selanjutnya, tambahkan air dan saus tiram ke dalam wajan tadi, masak sampai mendidih kemudian setelah semua bahan matang masukkan ke dalam wajan larutan tepung jagung atau tepung maizena tujuannya untuk mengentalkan sausnya.
·         Campurkan semuanya hingga rata sambil dikecilkan apinya aduk terus hingga saus mengental kemudian matikan apinya.
·         Selanjutnya merebus mie sampai mie matang kemudian ditiriskan dan siram dengan air matang yang dingin, pindahkan mi eke piring atau mangkok kemudian siram saus yang telah dibuat tadi di atasnya. Selanjutnya berikan hiasan irisan mentimun di atasnya. Jjangmyeon siap dinikmati. Oiya jangan lupa dicampur rata dulu saus dan mienya sampai rata sebelum dimakan ya.
Selamat mencoba chinggudeul…

baca juga :  Korean Curry Rice atau Nasi Kare Ala Korea yang Enak
Previous
Next Post »